Mengajak Pekerja Konvensional Bekerja di Coworking Space | CoHive

Mengajak Pekerja Konvensional Bekerja di Coworking Space

Mengajak worker konvensional untuk bekerja di coworking space | Ubah Cara Kerjamu | COCOWORK

Saat ini, sudah sewajarnya semua perusahaan mulai membebaskan para karyawannya menggunakan coworking space. Mau tahu alasannya?

Gedung-gedung kantor memang belum benar-benar tergantikan, cublicle masih dibutuhkan, pekerja 9 to 5 sepertinya masih akan ada. Namun, sudah sewajarnya semua perusahaan mulai membebaskan para karyawannya menggunakan coworking space. Bukan tanpa alasan, baik perusahaan maupun Anda sebagai karyawan kantor konvensional akan mendapatkan benefit yang banyak.

 

Tinggal di kota besar memang menantang setiap harinya. Pekerja 9 to 5 sebagian besar punya keluhan yang sama: jalanan yang sangat tidak bersahabat. Sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah layanan transportasi online, orang Jakarta menghabiskan waktu 22 hari dalam satu tahun untuk terjebak di dalam kemacetan.

Baca juga: Belajar Berbagi di Ruang Kerja Bersama

Waktu yang hampir sama dengan jumlah hari para pekerja kantoran dalam satu bulannya. Dengan kata lain, ada satu bulan dalam setiap tahunnya perusahaan membayar setiap karyawan hanya untuk bermacet-macetan di Jakarta. Waktu tersebut pun harus ditambah dengan waktu mereka beristirahat sebelum bisa benar-benar segar mengerjakan pekerjaannya kembali. Bukan hanya karyawan yang rugi, perusahaan pun merugi cukup besar.

Bayangkan kalau waktu tersebut diganti dengan mengerjakan satu projek besar. Baik perusahaan maupun karyawannya akan mendapatkan keuntungan berlipat. Seharusnya ada sebuah solusi lain membuat hal ini benar-benar jadi kenyataan.

Kenapa Startup berkembang di Coworking Space?

Jawabannya, mereka lebih pandai memanfaatkan waktu. Saat orang harus memulai pekerjaan pada pukul 09.00 dan selesai pada pukul 17.00, tidak semua orang akan memiliki performa dan hasil yang sama. Blogger Jayne Thompson menuliskan sebuah kalimat menarik dari blog bernama Truity.

Baca juga: Melihat Perjuangan Kaum Muda Melalui Perkembangan Startup di Indonesia

Manusia bukan robot, kami tidak terhubung dengan kabel dan melakukan hal yang sama selama delam jam. Energi datang naik dan turun. Kenapa tidak bekerja saat kita semua sedang produktif ketimbang bergantung pada permintaan dari kantor?

Jadi, dari kalimat itu muncul pertanyaan, apakah Anda harus menunggu sampai pukul 09.00 saat terbangun di sebuah pagi yang dingin dan mendadak mendapat ide yang sepertinya sangat brilian untuk kemajuan perusahaan? Atau, Anda tidak boleh lagi memberikan solusi lain dari masalah di tim saat jam dinding sudah menunjukkan pukul 10.00 malam?

Join Our Newsletter


Tidak heran kalau sebuah startup lebih berkembang dari sisi bisnis saat waktu dan lokasi dibebaskan atas nama produktivitas. Ada sisi positif dan penting dalam daftar hadir karyawan. Namun, daftar hadir semata sepertinya tidak bisa mendatangkan profit ratusan juta Rupiah dari sisi bisnis. Lalu, buat apa Anda masih terpaksa untuk datang ke kantor dan bekerja di sana?

“Kantor” Cabang

Saat internet dan teknologi aplikasi sudah semaju sekarang, worker seharusnya sudah lebih mementingkan produktivitas ketimbang kehadiran. Pimpinan seharusnya bisa memandang layaknya klien: produktivitas dan hasil lebih dibutuhkan ketimbang kehadiran. Dalam pendistribusian pekerjaan, email dan drive atau cloud pastinya bisa membuat Anda lebih mudah terhubung dengan coworker di kantor.

Baca juga: Olahraga Jadi Lebih Mudah dengan 5 Startup Ini

Jadi, kenapa conventional worker harus segera pergi ke coworking space? Mereka yang mengambil tempat di coworking space sebenarnya dalam sebuah misi membesarkan perusahaan dengan membuat semacam “kantor cabang”. Saat banyak orang yang sepertinya terisolasi dalam menjangkau perusahaan Anda, keberadaan Anda di coworking space bisa membuat tembok tersebut perlahan runtuh.

Harvard Business Review melaporkan, karyawan yang bekerja di coworking space melihat pekerjaan mereka lebih bermakna. Terhubung dengan komunitas di dalam coworking space juga mengenalkan perusahaan Anda ke orang banyak. Anda pun bisa membuka peluang tanpa perlu bekerja dalam kekangan waktu delapan jam penuh. Kekurangannya, mungkin pekerjaan Anda akan lebih banyak. Namun, waktu untuk mengerjakannya pun akan semakin luas.

Nah, mungkin langkah awal yang bisa Anda lakukan sekarang adalah menemukan coworking space terdekat dari rumah buka cabang baru dari perusahaan Anda di sana. Kenalkan etos kerja Anda dan perusahaan lalu buat bisnis semakin berkembang. Satu di antara caranya, silakan kunjungi website kami di sini.

Facebook Comments

Next Read

Coworking Space di Seputaran Senayan untuk Jurnali... Di seputaran Senayan terdapat coworking space yang bisa Anda gunakan untuk bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *