Coworking: Masa Depan Bekerja atau Sekadar Tren Semata? | Ubah Cara Kerjamu

Coworking: Masa Depan Bekerja atau Sekadar Tren Semata?

Apakah coworking akan menjadi tren bekerja pada masa depan, atau hanya bakal menjadi tren semata mengikuti perkembangan zaman?

Coworking bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai kerja sama atau kolaborasi. Namun pada prakteknya istilah ini digunakan untuk menggambarkan konsep kerja yang fleksibel namun trendi yang penuh dengan kolaborasi. Dengan ruang untuk terjadinya sistem bekerja tersebut dikenal sebagai coworking space.

 

Banyak yang mengatakan coworking sebagai masa depan sistem bekerja. Berbagai organisasi atau perusahaan seperti startup berada dalam satu atap untuk berbagi ide. Pendapat ini semakin kuat dengan kehadiran coworking space yang makin menjamur.

Baca juga: Coworking Space Menginspirasi Perubahan Budaya Kerja

Lalu apakah sistem kerja coworking dan coworking space adalah masa depan dalam bekerja atau cuma tren semata? Simak ulasannya berikut ini

Bertumbuh pesat

Di Indonesia perkembangan coworking space juga begitu cepat. Dilansir dari Tempo.com, jumlah coworking space pada 2018 naik hingga 400 persen. Padahal pada 2016, coworking space yang ada di Indonesia hanya sekitar 45 bangunan saja.

Perkembangan ini terjadi dengan meluasnya pembangunan coworking space di Indonesia. Bila sebelumnya coworking space hanya terpusat di kota-kota besar saja, kini ruang kerja tersebut mulai merambah berbagai daerah mulai dari Batam sampai ke Papua.

Sistem kerja coworking sebenarnya tidak hanya bisa diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan kreatif atau startup saja. Sistem tersebut juga bisa digunakan pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menerapkan sistem kerja tersebut, UMKM yang ada di Indonesia pun akan punya potensi berkembang yang lebih baik.

Tantangan

Meski tumbuh secara pesat, coworking space masih punya pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan terkait regulasi pemerintah. Dalam hal tersebut, ada dua kendala yang bisa menghambat pertumbuhan coworking space.

Baca juga: Kolaborasi Lebih Penting Dibanding Kompetisi dalam Coworking Space

Kendala pertama hadir dalam bentuk belum jelasnya nomenklatur industri di Indonesia. Ketidakjelasan ini membuat coworking space akan terbentur dengan urusan pajak. Sebab, bangunan ini masih belum punya kategori sendiri, sehingga pajak yang harus dibayarkan pun menjadi tidak jelas. Hak ini membuat pemilik coworking space kesulitan ketika akan membayar pajaknya.

Selanjutnya kendala lain yang bisa menghambat pertumbuhan coworking space adalah kekhawatiran fasilitas kantor virtual yang akan disalahgunakan. Kebanyakan pemerintah daerah di Indonesia masih takut bila nantinya fasilitas tersebut dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Join Our Newsletter


Padahal fasilitas kantor virtual yang ditawarkan coworking space akan punya banyak manfaat positif. Fasilitas ini bisa digunakan oleh perusahaan perintis maupun UMKM sebagai alamat kantor yang legal untuk mengurus perizinan.

Kendala seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi di Jakarta, namun akhirnya pemerintah DKI Jakarta pun sudah menerbitkan peraturan tentang virtual office agar tidak disalahgunakan.

Dengan kenaikan jumlah coworking space yang pesat di Indonesia, sistem kerja coworking pun mulai dilirik oleh berbagai organisasi dan perusahaan perintis. Apalagi sistem kerja tersebut telah terbukti melalui kehadiran 4 perusahaan startup ‘Unicorn’ di Indonesia. Bisa jadi setiap perusahaan akan mulai mengintip sistem ini untuk diaplikasikan dalam bekerja.

Baca juga: Coworking Space: Menjaga Keseimbangan Hidup Pekerja Lepas

Potensi berkembangnya sistem coworking pun semakin besar karena dukungan pemerintah. Dukungan tersebut bisa dilihat melalui kehadiran sejumlah coworking space yang dibangun oleh pemerintah di sejumlah daerah. Artinya, sistem kerja ini sudah terbukti bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas yang tinggi.

Jadi, melihat berbagai fakta di atas, kiranya wajarlah disebut kalau sistem kerja coworking bisa menjadi cara bekerja terbaik pada masa depan. Sekarang, Anda bisa mencoba berkolaborasi di coworking space milik COCOWORK di sini.

Facebook Comments

Next Read

Produktivitas dan Benefit dari Desain Ruang Kerja Diperlukan metode khusus saat mendesain ruang kerja yang dianggap memiliki pengaruh terhadap produktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *