Tantangan Coworking Space dalam Mendongkrak Kultur Timur | Ubah Cara Kerjamu

Tantangan Coworking Space dalam Mendongkrak Kultur Timur

Coworking space dalam perkembangannya memiliki beberapa tantangan, yang satu di antaranya adalah mendongkrak kultur timur dalam bekerja.

Indonesia merupakan salah satu bangsa yang menjunjung tinggi budaya ketimuran dalam kehidupan masyarakatnya. Budaya ketimuran yang dimaksud di sini adalah norma-norma sosial yang terbentuk berdasarkan sebuah konsensus. Oleh karena itu, tidak heran bila masyarakat negara ini perlu sesuatu hal yang dikenal sebagai unggah-ungguh dalam kesehariannya.

 

Bila dikaitkan dengan perkembangan zaman yang melaju dengan pesat, budaya ketimuran terkadang bisa menjadi penghalang untuk terjadinya sebuah inovasi dan kolaborasi, khususnya di ranah sosial. Senioritas pun menjadi salah satu ciri dari dijunjungnya prinsip tersebut. Dengan demikian kolaborasi antar generasi pun akan sulit untuk terjadi.

Lalu apa hubungannya dengan coworking space? Di era yang segala sesuatunya melaju dengan cepat, keberadaan ruang kerja seperti coworking space bisa menjadi sebuah dongkrak dalam sistem bekerja yang menganut budaya ketimuran.

Baca juga: Coworking: Masa Depan Bekerja atau Sekadar Tren Semata?

Dari data Global Coworking Unconference Conference (GCUC), orang-orang yang bekerja di coworking space 84 persen lebih termotivasi dan partisipatif, 80 persen lain saling membantu, serta 89 persen menjadi lebih bahagia. Fakta ini pun diperkuat dengan pernyataan dari Lisa Gansky, penemu Ofoto Photo Sharing, yang mengatakan, banyaknya interaksi, ide, konsep, dan pemikiran, akan menghasilkan kreatifitas serta bisnis yang lebih menguntungkan.

Oleh karena itu, coworking space dewasa ini menjadi salah satu konsep ruang bekerja yang perlahan tapi pasti diterapkan oleh sejumlah kantor di Indonesia. Bahkan metode mesin kopi pun turut menghiasi kantor-kantor di kota besar. Pasalnya unsur kolaboratif yang melekat pada coworking space menjadi alasan kuat akan terjadinya hal tersebut.

Kolaborasi

Kolaborasi kini punya peran yang sangat penting dalam proses pengembangan bisnis. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Dengan demikian, interaksi selalu menjadi sebuah kebutuhan dalam pencarian ide-ide kreatif. Dari situ ide-ide pun kemudian akan berbuah menjadi reputasi dan prestasi.

Baca juga: Kolaborasi Lebih Penting Dibanding Kompetisi dalam Coworking Space

Pentingnya kolaborasi dalam bisnis, sudah dibuktikan oleh sejumlah startup yang kini telah bertransformasi menjadi perusahaan besar. Bahkan saat perusahaan pun telah menjadi besar, hal ini pun tidak boleh ditinggalkan. Tengok saja bagaimana Gojek menggandeng Blue Bird sebagai mitranya. Begitu juga yang terjadi dengan sejumlah e-commerce besar yang melakukan kerja sama pengiriman barang dengan perusahaan lainnya. Dari contoh tersebut, kolaborasi memberikan hasil yang lebih baik ketimbang hanya fokus pada menghasilkan profit semata.

Coba bayangkan bila sistem kolaborasi ini turut dipakai oleh pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menerapkan sistem tersebut, pertumbuhan UMKM di Indonesia pasti akan melonjak secara signifikan. Tidak hanya itu, negara ini pun akan menjelma sebagai bangsa mandiri dengan pendapatan per kapita yang tinggi.

Join Our Newsletter


Khusus untuk UMKM, pemerintah kini tengah menggalakkan program 100.000 UMKM Go Online di 30 kota. Adanya gerakan ini bisa menghadirkan kesimpulan, UMKM pun kini diharapkan bisa menjalankan bisnisnya sedinamis mungkin. Salah satunya adalah memperluas pasar melalui bantuan teknologi dunia maya.

Untuk itu, keberadaan coworking space yang mulai menjamur di tanah air pun perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena ruang bekerja yang bisa disewa tersebut juga menjadi sarana yang sangat mendukung agar para pelaku UMKM bisa menggodok bisnisnya lebih matang lagi dan menjalin kolaborasi.

Baca juga: Masih Perlukah Kita ke Kantor?

Dengan demikian, keberadaan coworking space jelas bisa membantu untuk mendongkrak kultur timur di Indonesia. Karena untuk bisa menjadi negara yang maju, masyarakat di negara ini pun harus bisa menjalankan bisnisnya secara fleksibel. Untuk itu coba saja berkenalan dengan coworking space terdekat dan mulai ikut menyewa ruang di sana.

Facebook Comments

Next Read

Coworking Space Jadi Tempat Paling Subur Lahirnya ... Coworking space yang telah menjadi tempat untuk bertukar ide dan berkolaborasi juga menjadi tempat subur bagi startup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *