Cara Memaksimalkan Kerja di Coworking Space | Ubah Cara Kerjamu

Cara Memaksimalkan Kerja di Coworking Space

Coworking space

Bekerja di coworking space memerlukan tips tersendiri agar produktivitas Anda dapat berjalan maksimal.

Menjadi produktif di tempat kerja memerlukan beberapa faktor penunjang. Bahkan, kantor tempat bekerja sehari-hari justru biasanya tidak mampu mendukung seseorang menjadi lebih produktif. Terkadang, saat kesibukan saat deadline bisa terdistraksi karena “gangguan” dari rekan kerja yang terus bertanya, misalnya, atau ada tugas tambahan lainnya dari atasan.

Mengacu ke survei Udemy 2018, 70 persen pekerja di Amerika Serikat mengaku sering terdistraksi saat mereka mereka. Ini tentunya akan menjadi masalah besar bagi Millennial dan juga generasi Z, yang dalam survei itu juga, disebutkan 74 persen di antaranya mengalami kondisi serupa.

Baca juga: Coworking Space dan Arus Baru Dunia Kerja Bernama Perennials

Saat orang mengalami situasi tersebut, biasanya mereka akan mencari jalan keluar. Salah satunya adalah mencari tempat kerja yang lebih nyaman atau memanfaatkan jatah work from home dari atasan, agar bisa menyelesaikan tugas di tempat lain, seperti di rumah, cafe, atau pun coworking space.

Khusus bekerja coworking space, tentunya para karyawan bisa mendapatkan beberapa keuntungan tersendiri. Dengan bekerja di tempat tersebut, Anda bisa merasakan suasana kerja layaknya di kantor, ditambah fasilitas lengkap yang memang disiapkan khusus untuk para pekerja mobile.

Selain itu, Anda tidak perlu terganggu dengan kebisingan seperti di cafe atau interupsi dari anak-anak di rumah. Lantas, bagaimana cara menggunakan fasilitas dalam coworking space agar optimal meningkatkan produktivitas Anda?

Optimalkan fasilitas

Ketika Anda memutuskan bekerja di coworking space, pastikan sudah mengetahui fasilitas-fasilitas apa yang disediakan oleh pengelolanya. Anda bisa mengecek kelengkapan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalau perlu, Anda bisa mencari tahu dari testimoni atau ulasan tentang coworking space yang dituju. Anda harus memahami setiap detail fasilitas yang disediakan coworking space agar tidak bisa bekerja dengan optimal.

Misalnya, jika Anda berencana berkomunikasi dengan atasan atau mitra kerja via skypegoogle hangout, atau mengikuti sesi webinar, pastikan koneksi internet yang disediakan coworking space stabil dan cepat. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu lokasi tempat makan dan ibadah terdekat agar tidak membuang banyak waktu untuk beristirahat di sela-sela bekerja di coworking space.

Baca juga: Coworking Space dan Stereotipe Budaya Kerja Timur

Disiplin

Jika Anda memiliki kesempatan bekerja di luar kantor, sebaiknya waktu tersebut dimanfaatkan dengan baik. Ini berarti, Anda harus tetap disiplin agar bisa produktif. Jangan sampai terlena dengan beragam fasilitas yang dihadirkan dalam coworking space tentunya.

Target Anda adalah: produktif bekerja sehingga bisa menyelesaikan satu proyek atau pekerjaan sampai rampung dalam sehari. Untuk itu, Anda perlu membuat rencana kegiatan dari waktu ke waktu selama di coworking space.

Join Our Newsletter


Misalnya, Anda bisa berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan konsentrasi penuh pada paruh pertama, kemudian melanjutkannya dengan pekerjaan yang lebih ringan setelah makan siang. Target seperti ini harus Anda lakukan dengan disiplin agar tugas Anda bisa selesai dengan baik.

Interaksi dengan “rekan kerja” lain

Salah satu fungsi utama coworking space adalah membawa masyarakat dari berbagai komunitas ataupun latar belakang ke dalam satu tempat untuk saling berkomunikasi. Melalui tempat itulah mereka dapat terhubung dan menggabungkan gagasan untuk membangun sesuatu yang baru dan luar biasa.

Di coworking space, bangunlah ikatan yang kuat dengan tim Anda serta rekan kerja yang ada di sekitar Anda. Pada titik ini, Anda mungkin akan bertemu dengan beberapa orang dari perusahaan lain di coworking space.

Anda bisa memanfaatkan waktu rehat untuk berinteraksi dengan mereka. Siapa tahu, dari obrolan nantinya Anda bisa mendapatkan tips atau trik agar lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: Bekerja Cerdas Menggunakan Coworking Space

Selain itu, interaksi ini juga memungkinkan Anda mendapatkan relasi baru dalam dunia kerja. Jadi, jangan sia-siakan waktu bekerja di coworking space, karena selain mendapatkan pengalaman baru bertemu dengan orang-orang baru, Anda juga bisa memaksimalkan pekerjaan Anda di sana.

Cek di sini jika Anda ingin menggunakan fasilitas coworking space yang disediakan oleh CoHive.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *