Antara Menjaga Kesehatan dan Tetap Produktif di Bekerja di Coworking Space | Ubah Cara Kerjamu

Antara Menjaga Kesehatan dan Tetap Produktif di Bekerja di Coworking Space

Bekerja di coworking space

Bekerja di coworking space dianggap masih menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk menyelesaikan pekerjaan kita sebagai pekerja.

Menjamurnya coworking space saat ini memang membuat Anda lebih mudah dalam memilih ruang untuk bekerja, apalagi yang lokasinya strategis. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar kesehatan Anda dapat tetap terjaga di tengah padatnya tugas dan jadwal deadline di coworking space.

Maklum, biasanya saat Anda mengejar deadline yang senantiasa menunggu diselesaikan, kondisi tubuh sering terabaikan. Apalagi jika Anda bekerja dengan aturan jam kerja yang fleksibel, seperti pada kebanyakan perusahaan-perusahaan startup, yang mana seringkali membuat Anda sendiri yang harus mengatur waktu kerja.

Baca juga: Pekerja Remote, Bisakah Atasi Risiko Kesepian dan Burnout?

Meski tidak mudah, menjaga kesehatan bukanlah hal sulit yang bisa Anda lakukan, asalkan tetap memerhatikan beberapa hal. Segala kemudahan bisa ditemukan untuk menunjang gaya hidup sehat Anda. Dimulai dari gadget, hingga fasilitas olahraga yang biasanya terdapat di coworking space, misalnya meja ping-pong atau biliar.

Berbagai fasilitas itulah yang mendasari sejumlah survey yang menyatakan bahwa coworking space dapat membuat Anda tetap sehat antara aktivitas bekerja dan kehidupan sehari-hari. Berdasar hasil riset yang dirilis Huffpost, berjudul The State of Coworking 2015, misalnya, yang mengungkapkan, 60 persen orang yang bekerja di coworking space merasa lebih rileks daripada di rumah saat mereka ingin bekerja.

Meski demikian, diperlukan beberapa cara khusus agar semua hal di atas dapat berjalan maksimal. Saran-saran berikut dapat Anda ikuti, terutama untuk orang-orang yang bekerja dengan jam-jam fleksibel di coworking space.

Bekerja Dengan Irama 30-5

Layaknya sebuah perusahaan, tubuh pun memiliki jam kerjanya tersendiri. Dimulai dengan cara sederhana yakni dengan irama 30-5. Dengan menggunakan irama 30-5, berarti Anda bekerja selama 30 menit dan istirahat selama 5 menit, dan mengulang irama ini hingga pekerjaan Anda selesai.

Baca juga: 5 Alasan Coworking Space Bisa Terus Berkembang

Selama lima menit itu, Anda dapat menggunakan waktu untuk menyegarkan pikiran sebentar. Mungkin menatap pemandangan lain dari jendela, bermain di meja ping-pong, mengisi lagi kopi di gelas, atau Anda suka diam saja tanpa memikirkan apa-apa agar pikiran tenang kembali. Lakukanlah, karena mata Anda tidak mesti terpaku terus di depan layar komputer.

Jangan Pilih Makanan Instan

Makanan instan memang nikmat dan menghemat waktu Anda dalam jam-jam padat. Namun, jika Anda sibuk, coba pergunakan fasilitas pesan antar untuk makanan sehat atau jasa katering. Jadi, pada saat Anda fokus bekerja, luangkan waktu sejenak untuk menyantap makanan-makanan yang sudah Anda pesan tersebut.

Jangan sampai karena sibuk, Anda selalu makan-makanan instan agar cepat selesai, kemudian kembali ke laptop. Sesekali mungkin tidak masalah, namun jika gizi Anda tidak seimbang, mungkin akan berdampak juga terhadap kondisi kesehatan.

Salah satu hal yang bisa Anda perhatikan, adalah makan akan dengan gizi seimbang, tidak melulu berarti mahal. Dengan mulai membawa bekal sendiri dari rumah, Anda sudah bisa memulai makan-makanan sehat yang bahkan dapat Anda tentukan sendiri saat bekerja di coworking space.

Luangkan waktu untuk mengobrol

Melepas stres dan tekanan yang paling mudah mungkin adalah mengobrol dengan orang lain, yang tentunya bisa Anda temui jika bekerja di coworking space. Karena tak semua hari berjalan mulus, maka Anda mulai bisa mengobrol sederhana bersama orang lain di sana. Siapa tahu, ada solusi mengenai masalah dalam pekerjaan Anda yang dapat muncul dari obrolan tersebut.

Baca juga: Coworking Space dan Stereotipe Budaya Kerja Timur

Jadi, bekerja di coworking space, tidak melulu bagaimana cara menyelesaikan berbagai tugas-tugas Anda dengan cepat. Anda perlu menjaga kesehatan agar ke depannya tidak justru menghambat pekerjaan, meski menjalani waktu fleksibel dengan bekerja di coworking space.

Anda tentunya tidak ingin seperti itu, bukan?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *